Monday, August 14, 2017

Berkenalan dengan Komunitas Yahudi Indonesia

Selain menjadi Rabbi, Benjamin Verbrugge juga merupakan salah satu pimpinan Komunitas Yahudi yang berada di Indonesia. Rabbi Ben tidak memiliki wajah seperti orang Yahudi di Israel. 

Rabbi Ben merupakan keturunan Jawa berdarah Yahudi. Sejak 2003, dia pun serius mendalami Ajaran Yahudi. Meski awalnya tak mau menjadi rabbi untuk banyak orang, akhirnya dia memilih mengabdikan diri menjadi salah seorang Rabbi untuk Keturunan Yahudi di Indonesia. 



Keberadaan orang-orang Keturunan Yahudi di Indonesia menurut Rabbi Ben memang sudah berlangsung lama. Saat ini, katanya, ada tiga kelompok Komunitas Yahudi di Indonesia. Namun, dari ribuan keturunan Yahudi di Indonesia, hanya sekitar 500 yang memeluk agama Yahudi.

Rabbi Ben kemudian menceritakan ihwal kedatangan Orang-Orang Yahudi datang ke Indonesia. Perjalanan yang dimulai tahun 1600 itu turut membawa serta orang-orang Yahudi dari Spanyol. Dalam perjalanan, Orang-Orang Yahudi ini singgah di India dan mendirikan sebuah perkumpulan. Di Indonesia, Orang-Orang Yahudi ini singgah di Maluku. Menurut Ben, VOC berisi 80 persen orang-orang berdarah Yahudi.

Keberadaan Komunitas Yahudi di Jakarta yakni dari salah seorang Prajurit Belanda, juga keturunan Yahudi bernama Leendert Miero (1755-1834, memang diperuntukkan bagi mereka yang memiliki keturunan sedarah. Ajaran Yudaisme pun tadinya adalah agama yang khas ada untuk suku Yahudi. Namun, mereka yang berdarah Yahudi kini tak diharuskan memeluk Ajaran Yudaisme. 



Edi, salah satu anggota The United Indonesian Jewish Community misalnya, sudah sebelas tahun ini menganut Agama Yahudi. Rasa penasaran untuk mencari keturunan sesama Yahudi membuat dia dipertemukan dengan komunitas Yahudi dipimpin Rabbi Ben.

Anggota komunitas pimpinan Rabbi Ben memang banyak dipertemukan dari sesama Keturunan Yahudi. Mereka yang meyakini sebagai keturunan Yahudi resah dan mencari saudara sedarah.  Andreas, baru bertemu dengan Komunitas Yahudi yang dipimpin Rabbi Ben. Menurut Andreas, sejak ayahnya mengatakan dia keturunan Yahudi, dia pun mencari-cari orang-orang yang memang memiliki garis keturunan Yahudi. 




No comments:

Post a Comment